Minggu, 24 Desember 2017

prosesor paralel

Nama : Rizky setiadi
Kelas : 4IB02
NPM : 19414724
Prosesor paralel
a)      Pengertian prosesor paralel
Pemrosesan paralel (parallel processing) adalah penggunaaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan. Tetapi dalam praktek, seringkali sulit membagi program sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbea-beda tanpa berkaitan di antaranya.
Prosesor pararel adalah suatu prosesor dimana pelaksanaan instruksinya secara bersamaan waktunya.
Sehingga menyebabkan pelaksanaan suatu kejadian :
1. Dlam interval waktu yang sama
2. Dalam dalam waktu yang bersamaan
3. Dalam waktu yang saling tumpang tindih

            Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini diperlukan infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman paralel untuk merealisasikan komputasi.

            Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.
Komputasi paralel membutuhkan:
1. algoritma
2. bahasa pemrograman
3. compiler
 
Jenis-Jenis Komputer Paralel
            Berdasarkan tingkatan  perangkat keras yang mendukung paralelisme, secara umum komputer-komputer paralel dapat diklasifikasikan:
·      Multicore processing
Merupakan prosesor yang memiliki beberapa unit pengeksekusi. Sebuah prosesor multicore dapat melakukan beberapa instruksi per siklus dari beberapa aliran instruksi.
·      Symmetric multiprocessing
Merupakan sebuah sistem komputer dengan beberapa prosesor yang identik, dapat menggunakan struktur berbagi memori atau memori tersendiri yang saling terhubung melalui bus.
·      Distributed computing
Merupakan sebuah sistem komputer dengan memori terdistribusi, dimana masing-masing elemen pemrosesan dihubungkan oleh jaringan.
·      Cluster computing
Merupakan sekumpulan komputer yang bekerja sama,dihubungkan oleh jaringan,  sehingga dapat dipandang sebagai sebuah kesatuan, cluster komputer ini dikoordinasi oleh sebuah komputer induk yang bertugas untuk mendistribusikan pekerjaan kepada masing-masing komputer lainnya.
·      Massive parallel processing
Merupakan sebuah komputer tunggal dengan banyak prosesor yang terhubung dalam sebuah jaringan. Di dalam MPP, tiap CPU mempunyai memory tersendiri, sistem operasi dan aplikasi yang sama. Tiap subsistem berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui interkoneksi berkecepatan tinggi.
·      Grid computing
Merupakan bentuk pemrosesan paralel yang paling terdistribusi. Grid computing memanfaatkan Internet sebagai saluran komunikasi antar komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
·      Specialized parallel computer
Komputer paralel yang dikhususkan untuk menyelesaikan tugas khusus.

b)   Arsitektur komputer paralel
Berdasarkan jumlah dan prinsip kerja prosesor pada komputer paralel A.J.Van der steen dan J Donggara menyebutkan terdapat empat arsitektur utama komputer pararel yaitu
1)      SISD ( single instruction-single data) . komputer ini memiliki hanya satu prosesor dan satu  instruksi yang dieksekusi secara serial . komputer inia adalah tipe komputer konvensional  
2)      SIMD ( single instruction-multiple data)  komputer ini memliki kebih dari satu prosesor , tetapi hanya mengeksekusi satu instruksi paralel pada ata yang berbeda pada level lock step . skema SMID Bisa di lihat di gambar di bawah ini
3)      MISD ( multiple instruction-single data) . komputer ini memlliki satu prosesor dan mengeksekusi beberapa instruksi secaraparalel tetapi praktikannya tidak ada komputer yang dibangun dengan arsitektur ini karna sisitemnya tidak mudah dipahami
4)      MIMD (multiple instruction-multiple data) . komputer ini memlliki lebih dari satu prosesor dan mengeksekusi beberapa instruksi secara paralel . tipe komputer ini paling banyak digunakan untuk membangun komputer paralel bahkan banyak superkomputer yang menerapkan arsitektur ini

Referensi :

digital_134234-T 27918-Studi kinerja-Literatur.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar