Minggu, 24 Desember 2017

Pengertian Pipelining dan RISC Secara Umum

Nama : Rizky setiadi
Kelas : 4IB02
NPM : 19414724
Pengertian Pipelining dan RISC Secara Umum
1)    Pengertian pipelining
Pipelining adalah teknik yang digunakan untuk merealisasi Parallel Processing, yaitu dengan membagi operasi ke dalam k-stage (beberapa tingkatan) atau sub-operasi, sehingga pada satu saat ada k operasi berjalan yang sekaligus.
Pipelining adalah salah satu cara yang paling sering digunakan dalam pararel prosesing. Sebuah operasi dibagi menjadi sejumlah sub operasi elementer, kita namakan k. kemudian kita membentuk sebuah sistem dengan banyak stage sebesar k, dan mengeksekusi sub operasi tersebut pada setiap stage satu demi satu
1.1  Jenis pipelining
·         Instruction Pipeline  : Adalah dimana stage-stage yang berbeda dari pengambilan(fetch) dan eksekusi dari instruksi ditangani dalam sebuah pipeline.
·         Arithmetic Pipeline  : Dimana operasi stage-stage yang berbeda dari operasi aritmatik di tangani sepanjang semua stage dari sebuah pipeline

2)    Pengertian RISC (Reduced Instruction Set Computer)
RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk mengeset instruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya. Mesin RISC saat ini paling gencar dikembangkan. Karena ide
awalnya adalah untuk menyediakan satu set instruksi minimal yang bias melaksanakan semua operasi penting yaitu memindahkan data, Operasi ALU, dan percabangan. Instruksi LOAD dan STORE yang eksplisit saja yang diijinkan mengakses langsung ke memori.

Sejarah RISC :  
Pada awal tahun 1980, teknologi ISA(Instruction Set Architecture) sederhana mulai mendominasi dan para desainer tertarik akan hal tersebut. Karena, ISA in cenderung menghasilkan set instruksi dengan lebih sedikit instruksi, mereka menciptakan istilah Reduced Instruction Set Computer (RISC). Bahkan meskipun tujuan utama bukanlah untuk mengurangi jumlah instruksi, tetapi lebih diutamakan adanya kompleksitas pada RISC.
RISC mempunyai karakteristik :
1one cycle execution time : satu putaran eksekusi. Prosessor    RISC mempunyai CPI (clock per instruction) atau waktu per instruksi untuk setiap putaran. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan setiap instruksi pada CPU.
2.) large number of registers: Jumlah register yang sangat banyak. RISC di Desain dimaksudkan untuk dapat menampung jumlah register yang sangat banyak untuk mengantisipasi agar tidak terjadi interaksi yang berlebih dengan memory.
3) pipelining:adalah sebuah teknik yang memungkinkan dapat melakukan eksekusi secara simultan.Sehingga proses instruksi lebih efiisien.
    Ciri-ciri :
1.      Instruksi berukuran tunggal
2.      Ukuran yang umum adalah 4 byte
3.      Jumlah pengalamatan data sedikit,
4.      Tidak terdapat pengalamatan tak langsung
5.      Tidak terdapat operasi yang menggabungkan operasi load/store dengan operasi aritmatika
6.      Tidak terdapat lebih dari satu operand beralamat memori per instruksi
7.      Tidak mendukung perataan sembarang bagi data untuk operasi load/ store.
8.      Jumlah maksimum pemakaian memori manajemen bagi suatu alamat data adalah sebuah instruksi .

Referensi :

http://next-timexxxx.blogspot.co.id/2012/01/pipelining-dan-risc.html#!/tcmbck

Tidak ada komentar:

Posting Komentar